Rabu, 15 Juni 2011

Cara Meratakan Teks Pada MS.WORD

MERATAKAN TEKS SECARA HORISONTAL
Ketika Anda membuat dokumen di Word, secara otomatis Word akan meratakan teks ke margin kiri. Anda dapat meratakannya ke kanan, tengah, atau rata kanan-kiri, atau kembali ke rata kiri. Misalnya, Anda ingin meletakkan teks di tengah untuk judul laporan atau informasi, rata kanan-kiri untuk artikel atau surat resmi (formal), teks rata kanan pada sebuah kolom dari daftar atau header, dan rata kanan pada nomor halaman pada footer.

Caranya:
  1. Pilih paragraf yang ingin diubah.
  2. Tekan tombol Ctrl+L (untuk rata kiri), tombol Ctrl+E (untuk rata tengah atau meletakkan teks di tengah), tombol Ctrl+R (untuk rata kanan), atau tombol Ctrl+J (untuk rata kanan-kiri) untuk mengubah perataan atau peletakan paragraf sesuai keinginan Anda. Jika Anda ingin menggunakan mouse, pilih Paragraph, lalu klik tombol Align Left, Center, Align Right, atau Justify pada toolbar Standard.

MERATAKAN TEKS SECARA VERTIKAL
Secara default, Word akan meratakan teks pada bagian margin atas dari dokumen Anda. Bisa saja Anda ingin mengubahnya, mungkin di tengah halaman untuk membuat cover laporan, atau rata atas-bawah paragraf pada halaman antara margin atas, dan margin bawah untuk membuat layout dari halaman lebih konsisten. Meratakan teks secara vertikal dapat digunakan untuk keperluan ini. Tapi Anda harus membuat batasannya, karena jika tidak maka akan mengubah seluruh halaman yang ada. Caranya:
  1. Pindahkan posisi kursor di bagian yang ingin Anda ratakan.
  2. Pilih File, lalu pilih Page Setup untuk menampilkan kotak dialog Page Setup.
  3. Kik tab Layout, lalu pada daftar Vertical Alignment, pilih Center, Justify, atau Top untuk mengubah perataan.
  4. Pada daftar Apply To, pilih Whole Document untuk mengubah seluruh halaman atau This point forward untuk mengubah mulai dari tempat yang Anda pilih sampai ke daerah selanjutnya, lalu klik OK.

Tidak ada komentar: